'


loy krathong

LOY KRATHONG FESTIVAL

Sebenernya sudah tepat seminggu yang lalu festival ini berlangsung, hanya berhubung satu dan lain hal .. jadi ceritanya baru hari ini hehehehe ...

Loy Krathong Festival diadakan pada malam bulan purnama setiap bulan ke-12 penanggalan Thai. Jadi setiap taun, ngga pernah sama harinya .. selalu bergeser ;)
Untuk taun ini Loy Krathong jatuh tanggal 25 November.
Hanya saja, kita kemaren ini pergi liat2 keramaian keesokan harinya .. tgl 26 karena jatuh hari Jumat :D



Temanku bilang, perayaan ini merupakan suatu bentuk ucap syukur mereka untuk dewi air. Tapi ada cerita tentang festival ini yg pertama kali yg ditulis oleh King Mongkut (Rama IV) pada th 1863, untuk lebih jelasnya bisa dibaca disini.

Kemaren kita pergi liat perayaan ini di kampus sebelah AIT. Rame2 naek sepeda menuju ke Thammasat University. Masyarakat di sekitar kampus tumplek semua kesana, untuk nge-larung rangkaian dari batang pisang dihias dg daun pisang, menyerupai bunga lotus. Selain dihias macem2 bunga,juga dipasang lilin serta hio juga, buat dinyalain sebelum dilepas ke air. Malahan mulai taun ini, ada inovasi baru :P:P ... jadi ada yg buat rangkaian lotus itu dari roti, katanya sih biar ramah lingkungan .. karena si roti2 itu nanti bisa jadi makanan ikan di dalem kolam atau sungai yg jadi tempat nge-larungnya :)
Macem2 rangkaian bisa ditemuin ... ada yg sederhana, hanya dg satu atau dua kuntum bunga, tapi ada juga yg mewah sekali, kadang malah ada yg bentuk atap istana segala macem .. terserah kreasi masing2 penjual .. tapi tentunya makin bagus makin mahal harganya :) Ada yg pake bunga kertas ada yg pake bunga asli .. tapi kayaknya sih banyak yg pake bunga asli .. walaupun cuman kembang kertas yg banyak ditemuin dimana2 disini ;) ... *nuduh metik :P* hehehhee ...
Oh ya .. si rangkaian ini yg dinamain "krathong" :)

Biasanya mereka akan berdoa dulu di tepi kolam atau sungai atau kanal .. trus nyalain lilin sama hionya .. dan terus dilarung deh si krathong itu :)
Di bawah ada gambar krathong punya Vito, dan ada krathong yg dari roti seperti yg aku bilang tadi ;)





Di festival ini diramein juga sama orang jualan dan ada panggung beauty contest ;) Jualannya macem2 ... jajanan pasar ala Thai, apalagi bakso wahh dimana2 deh kiosnya :) ... jualan maenan dan balon juga banyak.
Yang menarik, aku nemuin orang jualan es goyang sama jualan goreng telur puyuh di cetakan kue lumpur ..



jajanan favorit sih tetep aja bakmi babi merah sama bakso debu hehehehe ... soalnya biasanya yg jualan banyak di pinggir2 jalanan sini, kita juga beli omelet kerang ala pinggir jalan ... sama som tam deh alias papaya salad *nyam2* ;)
Gambar ngga perlu semua kali ya .. daripada bikin ngeces hihihihi ...



Stop soal makanan ...
Di tanah lapang sebelah ... ada dipasang prosotan balon gedeeeee bener, sekali naek cuman 20 baht, banyak euyyy yg antri .. malahan ada cewek2 pake rok mini ikutan maen prosotan itu. Sementara kita mah asik aja deh duduk2 di rumput depan prosotan itu .. ngeliatin mereka yg pada heboh ... kekekekke ... :P:P



Soal beauty contest yg tadi disinggung, kayaknya emang sudah tradisi *kok kayak iklan gini* , setiap kali festival loy krathong pasti ada kontes ratu kecantikan, mungkin karena dikaitkan ama cerita yg ditulis sama King Mongkut tadi, untuk mengingat kecantikan si Putri Noppamas itu ya ;) .. ngga cuman cewe2 lho :P ... malahan ada juga kontes ratu kecantikan waria juga ;) .. jadi para lady-boy juga ngga mau kalah ngadain kontes cantik :D

Sekian laporan pandangan mata langsung ... oh iya, tante Nita juga ada pasang foto2 disini lhooo ;)

OK semuanya .. selamat menikmati sajian loy krathong hehehehe ...



« Home | Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »
| Next »